Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Cari Lowongan Pekerjaan Secara Efektif

 Cari lowongan kerja? bursa kerja adalah salah satu tempatnya. Bursa kerja merupakan suatu ajang yang cukup kompetitif untuk para pencari kerja. Ini merupakan suatu tantangan bagi lulusan baru (fresh graduate). Para lulusan baru harus dapat menunjukkan bahwa mereka memiliki keunggulan diantara pencari kerja lainnya.

Seperti yang dilansir dari Liputan6.com, berdasarkan riset, 48% lulusan baru belum mendapatkan pekerjaan setelah mereka lulus dan angka tersebut terus meningkat pada setiap tahunnya. Salah satu cara untuk mendapatkan pekerjaan dengan cara mudah adalah menghadiri suatu bursa kerja. Disana, terdapat cukup banyak perusahaan yang membuka berbagai lowongan. Simak tips-tips berikut agar pencarian kerja di bursa kerja dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan apa yang diharapkan. Mengutip dari www.lokerjawabarat.site sebagai berikut.


Tips Cari Lowongan Kerja

1. Membuat Daftar Perusahaan yang Ingin Dilamar

Tips cari lowongan kerja yang pertama adalah membuat daftar perusahaan yang ingin dilamar. Saat Anda berada di bursa kerja, ketahui perusahaan yang akan membuka lowongan pekerjaan. Biasanya, Anda dapat melihatnya di poster atau iklan bursa kerja terkait. Catatlah perusahaan apa saja yang ingin Anda lamar. Lalu, prioritaskan waktu Anda pada daftar perusahaan tersebut. Ini akan membuat waktu dan tenaga Anda lebih efektif saat berada di bursa kerja.

2. Memilih Bagian Berdasarkan Minat

Tips cari lowongan kerja yang kedua adalah memilih bagian atau posisi pekerjaan sesuai dengan minat. Setelah Anda membuat daftar perusahaan yang ingin Anda lamar, periksa posisi-posisi apa saja yang dapat Anda lamar. Dengan begitu, Anda dapat mengajukan lamaran pada perusahaan dan posisi pekerjaan yang benar-benar Anda inginkan. Biasanya, posisi-posisi yang dapat dilamar oleh para pencari kerja dapat Anda lihat di website, poster, & sosial media bursa kerja terkait.

3. Ketahui Posisi Booth Perusahaan

Ketika Anda telah sampai di bursa kerja, carilah denah lokasi terlebih dahulu. Pada umumnya denah terletak di setiap pintu masuk. Jika memang tidak menemukannya, tanyakan kepada panitia yang bertugas. Dengan mengetahui denah lokasi, Anda dapat mengetahui letak booth-booth perusahaan sehingga proses pencarian kerja dapat berlangsung tanpa memakan banyak waktu.

4. Tenang dan Antusias

Ketika Anda melaksanakan interview pada bursa kerja bersama HRD perusahaan, tetaplah tenang dan cobalah untuk membuat gesture dan body languange yang menunjukkan bahwa Anda seseorang yang memiliki kepercayaan diri yang cukup.

5. Menjelaskan Sesuatu dengan Singkat dan Jelas

Tips cari lowongan kerja yang terakhir adalah menjelaskan sesuatu secara singkat dan jelas.  Ketika pertanyaan telah mencapai sesi tentang diri Anda, jawablah pertanyaan tersebut dengan singkat dan jelas dalam kurun waktu dua menit. Anda dapat mempersiapkan jawabannya terlebih dahulu sebagai persiapan sebelum melaksanakan interview. Jawaban yang dipersiapkan sebaiknya mengandung kepribadian positif yang Anda miliki. Selain itu, persiapkan juga jawaban mengenai keahlian dan kontribusi yang dapat Anda berikan kepada perusahaan.

Posting Komentar untuk "5 Tips Cari Lowongan Pekerjaan Secara Efektif"