Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Implementasi Strategi Pemasaran 4P Pada UMKM

Salah satu tujuan pemasaran adalah membuat orang mengenal produk atau jasa perusahaan sehingga nantinya perusahaan tersebut dapat menjualnya dan menghasilkan uang. Maka tidak aneh jika sebuah perusahaan rela mengeluarkan banyak uang untuk membuat rencana pemasaran.Strategi pemasaran tidak hanya untuk bisnis besar. Bahkan usaha kecil, seperti UKM, perlu memilikinya. Sebaliknya, ini adalah jenis usaha menengah dan kecil yang perlu bekerja keras untuk membuat dan mengimplementasikan rencana pemasaran. Sehingga UKM dapat berkembang dan menjadi lebih baik.

Namun masalahnya adalah beberapa UKM masih belum yakin bagaimana menerapkan ide strategi pemasaran tersebut. Padahal, jika mereka mau menggunakannya dan menggunakannya dengan cara yang benar, itu akan membantu bisnis mereka tumbuh dan menjadi lebih baik. Nah, artikel ini akan membahas tentang bagaimana salah satu ide strategi pemasaran dapat digunakan dalam sebuah bisnis.

Salah satu jenis strategi pemasaran yang sudah kita ketahui adalah strategi 4P yang disebut juga dengan strategi bauran pemasaran. Untuk mengingatkan Anda, strategi pemasaran 4P adalah seperangkat alat pemasaran taktis yang bekerja sama untuk mendapatkan respons yang Anda inginkan dari pasar. Alat-alat tersebut adalah produk, harga, tempat yang tepat, dan promosi.

Di Indonesia terdapat banyak sekali jenis usaha atau UKM. Tentang bagaimana karikatur ini dipilih, penulis memilih secara acak. Ini tidak berarti bahwa strategi pemasaran 4P hanya dapat digunakan untuk bisnis karikatur. Strategi pemasaran 4P dapat digunakan untuk berbagai jenis bisnis.

Salah satu nama buah yang tumbuh di dataran tinggi Dieng adalah "carica". Buah pepaya satu keluarga dengan buah carica. Buah carica, di sisi lain, hanya dapat tumbuh di daerah dataran tinggi yang dingin. Inilah sebabnya mengapa sering disebut "pepaya gunung". Ukuran buah carica lebih kecil dari buah pepaya, dan buah carica yang belum diolah rasanya pahit, sedangkan buah pepaya rasanya manis. Sebagian besar UKM di Wonosobo menggunakan carica untuk membuat dan menjual manisan. Itulah gambaran singkat tentang produk UKM buah Carica, kemudian strategi pemasaran 4P dijalankan.

Product (Produk)

Misalnya UKM Berkah Rizky membuat manisan Carica dengan merek Carica Rizky di kemasannya. Saat buah carica sudah masak, dipetik dan dikupas dengan sarung tangan karena getahnya banyak. Buahnya kemudian dipisahkan dari bijinya, direbus hingga mendidih, dan diberi gula. Terakhir, Manisan Carica dimasukkan ke dalam kemasan. Permen jadi yang terbuat dari Carica hadir dalam dua ukuran berbeda: 350 gram dan 125 gram.
Permen carica memiliki banyak gula, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B kompleks, dan vitamin E. Mereka juga memiliki banyak serat, yang dapat membantu perencanaan. Buah carica juga memiliki karoten, vitamin C, dan flavonoid, yang semuanya membantu menjaga sel kanker agar tidak tumbuh. Ia juga memiliki enzim seperti papain, chymopapain, glikopeptidase, dan lisozim yang dapat membantu mengobati sakit punggung.
Permen Carica ini memiliki kelebihan yaitu dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet dan mengandung vitamin yang baik untuk tubuh. Produknya juga bisa tetap bagus meski tanpa bahan pengawet. Adanya dua jenis kemasan juga memudahkan pelanggan untuk memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya. Beberapa hal ini dapat digunakan sebagai cara untuk membuat lebih banyak orang membeli produk Anda.

Price (Harga)

Salah satu strategi dalam strategi pemasaran adalah mengenai harga. UKM Berkah Rizky mencantumkan harga dari produk manisan carica nya. Harga manisan carica di pasaran sangat variatif sehingga dengan menerapkan harganya dalam kemasan akan membuat konsumen lebih mudah membandingkan dengan kompetitor. Maka UKM Berkah Rizky juga harus menetapkan harga yang kompetitif. Apabila perusahaan akan menaikan harga kedepannya sebaiknya perusahaan juga memperhatikan persepsi konsumen.

Place (Tempat)

Harga merupakan salah satu bagian dari strategi pemasaran. UKM Berkah Rizky menuliskan berapa harga permen Carica mereka. Ada banyak harga berbeda untuk manisan carica di pasaran. Pencantuman harga pada kemasan akan memudahkan pelanggan untuk membandingkan harga antar merek yang berbeda. Sehingga UKM Berkah Rizky perlu menetapkan harga yang juga kompetitif. Jika perusahaan berencana menaikkan harga di masa depan, perusahaan juga harus memikirkan bagaimana perasaan pelanggan tentang hal itu.

Promotion (Promosi)

Promosi merupakan hal yang sangat penting untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat. Media yang digunakan untuk melakukan promosi seperti poster, selebaran, spanduk, pamflet, social media, iklan di radio. Beberapa cara promosi yang dilakukan cukup efektif jika dibandingkan dengan penjualannya yang terus meningkat. Sehingga strategi promosi selanjutnya dapat berupa target seperti meningkatkan segmentasi konsumen dan juga meningkatkan jumlah pelanggan yang loyal mengingat produk manisan carica adalah produk oleh-oleh khas daerah wonosobo.
Itulah cara menerapkan strategi pemasaran 4P dalam sebuah produk UKM. Mudah bukan? Sekarang saatnya, Anda mencoba melakukan strategi pemasaran 4P tersebut.

Posting Komentar untuk "Contoh Implementasi Strategi Pemasaran 4P Pada UMKM"